Selasa, 14 April 2009

DOA TUHAN YESUS

(BAHAN PEMAHAMAN ALKITAB BULAN APRIL 2009 GKJW JEMAAT WARU)
Oleh : Yohanes Didik S
BACAAN : YOHANES 17 : 1 – 26
Pasal ini berisi doa Tuhan Yesus Kristus yang terakhir, sebelum Ia disalibkan. Semuanya adalah perkataan Yesus sendiri yang diingat oleh Yohanes dan ditulis dengan pertolongan Roh Kudus. Dalam ayat 1 – 5 Yesus berdoa untuk diri-Nya sendiri ; dalam ayat 6 – 19 Yesus berdoa untuk murid-murid-Nya dan dalam ayat 20 – 26 Yesus berdoa untuk semua orang yang akan percaya kepada-Nya oleh sebab perkataan murid-murid-Nya.
I. Yesus berdoa untuk diri-Nya ( 1 – 5 )
Maksud doa itu bukan khusus untuk menunjukkan bagaimana Yesus berdoa, melainkan Ia ingin agar murid-murid-Nya mengikuti teladan-Nya dalam persekutuan dengan Bapa-Nya. Di samping itu Yesus hendak menguatkan hati murid-murid-Nya, agar mereka mempunyai keberanian dan ketetapan hati pada waktu mereka diuji, yaitu ketika Yesus disalibkan sampai Ia dibangkitkan.
Dalam doa Yesus untuk diri-Nya Ia menyatakan tiga hal yang menjadi keinginan hati-Nya, yaitu :
· Memberikan hidup yang kekal kepada manusia
· Supaya semua orang mengenal Allah dan Anak-Nya
· Supaya Ia dipermuliakan oleh Bapa-Nya dengan kemuliaan yang pernah diberikan kepada-Nyasebelum dunia ini ada
II. Yesus berdoa untuk murid-murid-Nya ( 6 – 19 )
Yesus menginginkan empat hal. Dua hal yang terpenting adalah: “Peliharalah dan Kuduskanlah mereka”. Peliharalah mereka dalam nama-Mu (11) dan kuduskanlah mereka dalam kebenaran (17). Dua hal berikutnya adalah Yesus ingin agar mereka “Penuh dengan sukacita-Nya (13) dan mereka jangan “Diambil dari dunia”(15).
Yesus telah menyampaikan firman Bapa dan firman itu memberikan hidup yang kekal. Mereka telah “menerima”, “tahu benar-benar” dan “percaya”.
III. Yesus berdoa untuk semua orang yang akan percaya kepada-Nya ( 20 – 26 )
Kepada orang-orang yang sungguh-sungguh percaya kepada-Nya, Yesus memberikan kemuliaan yang telah diberikan Bapa kepada-Nya (22). Kemuliaan persatuan yang sama dengan persatuan antara Yesus dan Bapa, yakni Roh Kristus di dalam mereka sama seperti Bapa di dalam Kristus, agar mereka dan kita sekarang, sempurna di dalam satu persekutuan. Maksud persatuan itu adalah agar isi dunia mengetahui bahwa Allah mengasihi mereka sama seperti Ia mengasihi Kristus.
Pada ayat 23 Yesus memohon agar kasih Allah kepada Kristus dicurahkan ke dalam hati mereka, supaya mereka dan kita mengasihi Yesus Kristus sama seperti Allah Bapa mengasihi Yesus Kristus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar