Sabtu, 09 Mei 2020

GEMBALA DAN KAWANAN DOMBA-NYA


Bacaan   : Yeremia 23:1-8



Kisah ini terjadi dengan latar-belakang pad masa setelah pembuangan orang Yehuda. Catatan sejarah Alkitab mengingatkan kepada kita bahwa kala itu Raja Koresh dari Persia mengalahkan Babel pada tahun 539 sebelum masehi, dan mulai mengijinkan orang Yahudi pulang ke tanah airnya pada beberapa saat kemudian yaitu pada tahun 538 sebelum masehi. Allah akan menyelamatkan umat-Nya dari Babel dan memulihkan mereka di tanah Israel.
Dalam bacaan kita hari ini, Allah mengingatkan kepada para gembala. Hal ini terjadi karena tugas para gembala adalah melindungi kawanan dombanya agar tidak tersesat. Namun, para pemimpin Israel tidak bertindak sebagai gembala yang baik. Kejahatan dan kelalaian mereka menyebabkan kawanan domba, dalam hal ini yang dimaksud adalah bangsa Israel, dibunuh atau terpencar-pencar di negeri-negeri asing. Pada dasarnya adalah bahwa Tuhan akan menegur keras para gembala yang gagal menjadi gembala yang baik. Tuhan akan turun tangan sendiri untuk mengumpulkan kawanan domba-Nya dan mengirimkan gembala-gembala yang baru.
Kita adalah gembala-gembala masa kini yang meneladani Sang Gembala Agung, Yesus Kristus, yang memerintah atau menggembalakan umat-Nya dengan bijaksana. Dia selalu mendekatkan diri untuk selalu membangun relasi yang baik dengan umat-Nya. Sehingga para kawanan domba selalu mendengar suara Sang Gembala karena Dia senantiasa memanggil domba-domba-Nya masing-masing menurut namanya. Ini adalah penggambaran relasi yang sangat erat dan dalam antara Allah dan orang-orang percaya.
Dari sinilah kita sebagai gembala masa kini bisa memahami tugas utama yaitu, memelihara dan merawat domba-dombanya. Sebagai seorang gembala, pemimpin, pembimbing yang baik, tentu akan mengorbankan waktu, tenaga, perasaan untuk orang-orang yang dipimpinnya atau digembalakannya. Tidak harus kawanan domba itu adalah yang terikat dalam persekutuan dengan kita, melainkan sesama disekitar kita. Karena mereka itu juga memerlukan pendampingan, penguatan, penghiburan dan perhatian kita. Marilah kita bersama-sama ambil bagian dan kesempatan untuk berkarya dengan Sang Gembala Agung.
Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar